You are here: Home

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Sumatera Barat

Komisi V Terus Dukung Percepatan Infrastruktur Sumbar

E-mail Print PDF

Komisi V DPR RI akan terus mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di daerah Sumatera Barat, khususnya Bukit Tinggi, hal ini dibuktikan dengan pembangunan jalan nasional Sicincin Malalak dan pembangunan Jembatan Kelok Sembilan.

Demikian dikatakan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, dalam jamuan makan malam bersama Kementerian PU yang diwakili oleh Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Hediyanto W. Husaini, Walikota Bukittinggi Ismet Amzis bersama dengan para pejabat pemerintah daerah Bukit Tinggi di Bukit Tinggi (21/2/2013).

“Selain itu juga anggaran untuk daerah Sumbar setiap tahun meningkat, saya bahkan menggunakan hak dekresi sebagai wakil ketua komisi untuk menambah anggaran sebanyak Rp 120 milyar untuk pembangunnan infrastruktur di Sumbar,” kata Mulyadi.

Mulyadi menambahkan bahwa di daerah Sumatera Barat juga direncanakan akan dibangun terowongan yang menyambung langsung ke Ngarai Sihanok. Desain terowongan tersebut memakan biaya 12 milyar.

“Saat ini pembangunan terowongan lebih diutamakan karena  tidak menganggu ekosistem alam. Ini akan menjadi terowongan pertama di indonesia, dan diharapkan akan menjadi bahan studi yang baik untuk mahasiswa sipil,” tambah Mulyadi.

Pembangunan infrastruktur mutlak diperlukan demi mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah ini, kata Mulyadi, Bukitinggi juga dikenal sebagai daerah yang memiliki warisan nilai budaya tinggi, salah satu tujuan wisata di sumatera barat dan keragaman alam yang indah.

”Pemerintah Pusat bisa membantu untuk pembangunan infransturktur yg besar, dengan syarat pembebasan lahan dilakukan oleh pemerintah daerah. Terkait dengan pembangunan di Bukit Tinggi Komisi V siap membantu,” tutur Mulyadi.

Kunjungan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja spesifik UU Jasa Konstruksi Komisi V DPR RI, dalam sambutannya walikota bukitinggi mengucapkan terima kasih atas dukungan Komisi V dan Kementerian PU atas berbagai dukungan dalam bentuk pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan selama ini.

“Pembangunan infrastruktur mutlak diperlukan demi mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah ini. Bukitinggi juga dikenal sebagai daerah yang memiliki warisan nilai budaya tinggi, salah satu tujuan wisata di sumatera barat dan keragaman alam yang indah,” kata Ismet.

Sebanyak 10 orang rombongan Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja dua hari ke Sumbar, selain menghimpun masukan untuk penyempurnaan draf revisi RUU Jasa Konstruksi juga dijadwalkan peninjauan proyek infrastruktur nasional di provinsi itu termasuk Jembatan Kelok Sembilan.

Sumber: http://www.pu.go.id

Last Updated ( Wednesday, 13 March 2013 23:32 )